//
you're reading...
Uncategorized

Contoh RPP Model Kooperatif Tipe STAD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nomor : 2-01

  1. Identitas Mata Pelajaran

Satuan Pendidik    : MTs Negeri Alas

Kelas    : IX

Semester    : I

Mata Pelajaran/Tema Pelajaran    : Matematika / Bangun Ruang Sisi Lengkung

Jumlah Pertemuan    : 1 kali pertemuan

Alokasi waktu    : 2 x 40 menit = 80 menit

  1. Standar Kompetensi

    2. Memahami sifat – sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya.

    1. Kompetensi Dasar

    2.1. Mengidentifikasi unsur – unsur tabung kerucut dan bola.

  2. Indikator
    Pencapaian Kompetensi
    1. Menuliskan unsur-unsur tabung
    2. Menuliskan unsur-unsur kerucut
    3. Menuliskan unsur-unsur bola
  3. Tujuan Pembelajaran dan Kemampuan Prasyarat
    1. Setelah selesai pembelajaran, peserta didik diharap dapat :
  • Menuliskan unsur-unsur tabung berupa : jari-jari, diameter, tinggi, tutup, dan alas
  • Menuliskan unsur-unsur kerucut berupa : jari-jari, diameter, tinggi, garis pelukis, dan alas
  • Menuliskan unsur-unsur bola berupa : jari-jari, diameter, tinggi
  1. Kemampuan prasyarat yang seharusnya sudah dikuasai siswa adalah :
  • Membedakan bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung,
  • Menjelaskan sifat-sifat sifat-sifat lingkaran.
  1. Karakter siswa yang diharapkan :
  • Bersahabat/ Komunikatif, Cinta damai, Peduli Sosial, Tanggung jawab, Disiplin.
  1. Materi Ajar

BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

a. Unsur-Unsur Tabung

1. sisi alas dan atas/tutup tabung.

2. pusat lingkaran (pusat sisi alas dan sisi atas tabung).

3. Jari-jari lingkaran merupakan jarak pusat lingkaran ke titik pada lingkaran.

4. diameter atau garis tengah lingkaran (diameter bidang alas).

5. tinggi tabung.

b. Unsur-Unsur Kerucut

1. Bidang alas kerucut.

2. Pusat lingkaran ( pusat bidang alas kerucut ).

3. Jari-jari lingkaran (jari-jari bidang alas kerucut )

4. Diameter atau garis tengah lingkaran (dia meter bidang alas kerucut).

5. Tinggi kerucut.

6. Tali busur bidang alas kerucut.

7. Selimut kerucut dan garis pelukis.

c. Unsur-Unsur Bola

1. Titik pusat bola

2. Jari-jari bola

3. Diameter/garis tengah bola

4. Selimut atau kulit bola

  1. Model dan Metode Pembelajaran

    1.    Model Pembelajaran    : Pembelajaran Kooferatif tipe STAD

        2.    Metode Pembelajaran    :    

                1. Ceramah

                2. Tanya jawab    

                3. Diskusi

                4.    Pemberian Tugas

  2. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan 

Alokasi Waktu 

  1. Salam
    1. Presensi
    2. Memotivasi siswa dengan cara bertanya kepada siswa mengenai benda-benda yang ada disekitar mereka yang berbentuk tabung, kerucut dan bola.
    3. Mengingatkan kembali tentang materi prasyarat
    4. Penyampaian tujuan pembelajaran / KD

       

5 menit 

Kegiatan Inti

 
  1. Explorasi
    1. Memberikan informasi awal tentang unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
    2. Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok terdiri dari 4-5 orang dengan memperhatikan tingkat prestasi, jenis kelamin sehingga diharapkan kelompok yang terbentuk merupakan kelompok yang heterogen.
    3. Guru membagi Lembar Kerja Siswa.
    4. Guru memberikan kesempatan krpada siswa untuk membaca Lembar Kerja dan bertanya jika ada hal-hal yang belum dipahami mengenai permasalahan dalam LK.
    5. Guru meminta siswa mengerjakan LK secara berkelompok dengan kelompoknya masing-masing.
    6. Guru mengawasi kerja kelompok dengan mendatangi kelompok dan memberi bantuan bila ada kesulitan dengan memberi pertanyaan yang sifatnya pancingan, bukan memberikan jawaban.
    7. Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan aktivitas sesuai dengan langkah kerja dalam Lembar kerja yang telah disediakan dan penjelasan dari guru.

25 menit

  1. Elaborasi
    1. Membuat siswa terbiasa menulis dan berani tampil di depan kelas.
  • Guru meminta beberapa siswa mewakili kelompoknya untuk tampil memperesentasikan jawaban berdasarkan hasil diskusi kelompoknya.

 

  1. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah.
  • Kelompok lain diharapkan memberikan tanggapan dari hasil presentasi kelompok lain.

 

  1. Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat dan jujur untuk meningkatkan prestasi belajar.
  • Guru meminta siswa untuk kembali ke tempat duduk semula
  • Guru membagikan kuis individu untuk dikerjakan oleh masing-masing siswa dengan memastikan setiap individu bekerja sendiri dan tidak saling bekerjasama.
  • Setelah batas waktu yang sudah ditentukan, guru meminta siswa untuk menukarkan pekerjaannya dengan pekerjaan teman sebangkunya kemudian memeriksa dengan mengacu pada kunci jawaban yang telah disiapkan.
  • Guru meminta masing-masing ketua kelompok mengumpulkan skor kuis teman kelompoknya masing-masing.
  • Guru merekap hasil kuis dan menghitung skor kemajuan setiap siswa dan menetapkan predikat penghargaan kelompok
  • Memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok berdasarkan hasil kuis dan poin kemajuan.

40 

  1. Konfirmasi

     

    1. memberi konfirmasi terhadap hasil explorasi dan hasil elaborasi.
  • Guru menanyakan apakah siswa sudah paham dengan materi hari ini.

 

  1. Melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan unsur-unsur tabung, kerucut dan bola dan mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan

 

5 menit

Penutup

  1. Membuat rangkuman/simpulan.
  2. Membuat refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
  3. Menyampaikan tugas PR sebagai penugasan dan menginformasikan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

5 menit 

Jumlah waktu keseluruhan yang digunakan 

80 menit 

  1. Sumber Belajar
    1. Buku Paket Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan Kelas IX SMP/MTs
    2. Buku Paket Matematika Kelas IX SMP/MTs yang vrelevan.
    3. Model bangun tabung, kerucut, dan bola
    4. Lembar Kerja
    5. Bahan Kuis

       

  2. Penilaian Hasil Belajar
    1. Yang digunakan untuk menilai adalah tes
    2. Tes yang digunakan adalah tes tulis
    3. Observasi/pengamatan dilakukan pada saat pembelajaran sedang berlangsung
    4. Selain itu siswa juga diberi tugas rumah
    5. Instrumen dan kunci jawaban
      1. Instrumen tes tulis ( Terlampir )
      2. Instrumen penilaian proses ( Terlampir )

        

        Alas, September 2013

    Mengetahui    Guru Mata Pelajaran,

    Kepala MTs Negeri Alas,    

 

 

 

 

    ( Drs. Budi Priambodo)    ( Fathurrahman, S. Pd.)

NIP.196612021994021001        NIP. 197907012003121001

About Fathurrahman

Seorang guru matematika, ingin mengabdi penuh terhadap dunia pendidikan ( berharap semoga jadi amal jariah, amin ). Berusaha belajar dan mencari nilai positif dari Internet. " ONE IS NEVER TO OLD TO LEARN "

Diskusi

One thought on “Contoh RPP Model Kooperatif Tipe STAD

  1. apa orang dengan nama Fathurrahman itu di ciptakan menjadi seorang guru
    perkenalkan saya Ahmad Fathurrahman S.Pd

    Posted by fathurrahman | 2 April 2015, 12:43 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: