//
you're reading...
UJIAN NASIONAL

UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL

Mulai Tahun Pelajaran 2009/2010 Departemen Agama memberlakukan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) sehingga seluruh materi soal dalam rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) dibuat oleh Depag Pusat. Mata Pelajaran nya meliputi Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Ujian Madrasah Berstandar Nasional bertujuan memperkuat ciri khas madrasah sehingga perlu dilakukan penguatan pendidikan agama Islam dan bahasa arab di seluruh jenjang pendidikan madrasah.

Mengenai soal Ujiannya tidak lagi dibuat oleh madrasah atau dikelola oleh lembaga pendidikan yang bernaung di bawah organisasi masyarakat. Tetapi dengan UAMBN ini soal dibuat oleh Pusat dengan melibatkan KKG untuk MI, MGMP untuk MTs dan MA.

Dengan demikian, semua madrasah selain mempersiapkan peserta didiknya untuk mengikuti UN maupun ujian madrasah, juga dapat memilih bahan ajar yang tepat sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar isi mata pelajaran Agama Islam dan bahasa Arab di Madrasah

Dan berikut link download kisi-kisi soal Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs)

1. Qur’an Hadits
2. Akidah Akhlak
3. Fiqih
4. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
5. Bahasa Arab

Untuk download POS Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2009/2010 bisa diperoleh disini.

About Fathurrahman

Seorang guru matematika, ingin mengabdi penuh terhadap dunia pendidikan ( berharap semoga jadi amal jariah, amin ). Berusaha belajar dan mencari nilai positif dari Internet. " ONE IS NEVER TO OLD TO LEARN "

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar

Arsip

Tidak dapat memuat informasi blog pada saat ini.